Reaksi Cepat Tangani Luka Bakar Anak

om-kite
Papa Ardo Daeli
LUKA bakar pada kulit menimbulkan rasa perih tak tertahankan. Orang dewasa pasti bisa dengan mudah dan cepat menanganinya. Namun, tak begitu halnya dengan anak kecil.

Isak tangis sang buah hati karena menahan rasa perih luka bakar di kulitnya, tentu membuat hati Anda semakin pilu. Apalagi, jika tangisan tersebut diperparah dengan gejala kejang-kejang. Sebagai seorang ibu, Anda tentu tak tega melihatnya.

Yang harus Anda lakukan tak sekadar menenangkannya dari tangis. Lebih dari itu, Anda harus bereaksi cepat dan cermat memberikan pertolongan untuk menghilangkan rasa perih yang menderanya.

Pimpinan Rumah Sakit Anak di Stanford, Lucile Packard membeberkan tip menenangkan dan mengobati rasa nyeri akibat luka bakar pada anak, seperti dikutip dari Health Discovery.

Rendam atau kompres air dingin

Sediakan air dingin dalam sebuah wadah. Rendamlah bagian kulit yang terbakar dalam air dingin selama beberapa saat. Tujuannya untuk menenangkan rasa nyeri dan terbakar pada buah hati. Cara lain, Anda bisa juga mengompres bagian kulit yang terbakar dengan air dingin.

Oleskan pelembap

Anda dapat mengoleskan pelembap yang memiliki kandungan aloe vera atau krim hydrocortisone pada bagian kulit yang terbakar secara tebal dan merata. Hindari penggunaan produk dengan kandungan benzocaine untuk mengurangi risiko demam.

Obat penghilang nyeri

Konsumsi obat acetaminophen atau ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

Jauhkan dari sinar matahari

Jauhkan anak Anda dari sinar matahari hingga luka bakarnya mengering. Agar penyembuhan lukanya cepat, sarankan anak Anda untuk tidak mengutak-atik luka, seperti menggaruk ataupun mengelupaskannya. (ftr)

(tty)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: