Santapan Rohani 10 October 2008

SEGENGGAM DURI

Baca: Mazmur 105:1-5</strong
——————————————————————————————-
Biarlah mereka bersyukur kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, karena perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib terhadap anakanak manusia! —Mazmur 107:21——————————————————————————————-

Bacaan Untuk Setahun: Yeremia 28—30, Amsal 4:18-27

Jeremy Taylor adalah seorang pendeta Inggris abad ke-17 yang mengalami penganiayaan berat karena imannya. Namun meskipun rumahnya dirampas, keluarganya menjadi melarat, dan hak miliknya disita, Jeremy terus menghitung berkat-berkat yang tidak dapat diambil daripadanya.
Jeremy menulis: “Mereka tidak dapat merampas keceriaan saya, semangat saya yang penuh sukacita, dan hati nurani yang tulus; yang tersisa bagi saya adalah pemeliharaan Allah, dan seluruh janji-Nya . . . harapan-harapan saya akan surga, dan juga belas kasih saya kepada mereka. Saya masih dapat tidur dan mencerna, saya dapat makan dan minum, saya dapat membaca dan merenung. Dan orang yang memiliki begitu banyak alasan untuk bersukacita, dan alasan-alasan yang begitu hebat, seharusnya jangan pernah memilih untuk duduk di atas segenggam duri yang dimilikinya.

Walaupun kita mungkin tidak ditimpa beragam kesulitan yang mendukakan hati seperti yang diderita oleh Jeremy Taylor, kita semua menghadapi berbagai pencobaan dan masalah. Apakah kita bersungut-sungut? Atau kita menolak untuk membiarkan “segenggam duri”, yakni masalah-masalah kita, mengaburkan berkat-berkat yang telah kita terima dengan berlimpah ruah?

Saat merasa ingin mengeluh, marilah mengingat kesetiaan Allah dan “bersyukurlah kepada TUHAN, serukanlah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa! . . . Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya!” (Mzm. 105:1,5).

Bila topan t’rus melanda hidupmu,
Bila putus asa dan letih lesu,
Berkat Tuhan satu-satu hitunglah,
Kau niscaya kagum oleh kasih-Nya.

Gunakan waktu untuk menghitung berkat-berkat Anda, bukan untuk mengungkapkan keluhan-keluhan Anda.

Tinggalkan Balasan

